Langsung ke konten utama

Manajemen Proyek Perangkat Lunak : Tugas 1


MPPL D : Tugas 1

Deskripsi Tugas : 

Carilah sebuah perangkat lunak kemudian deskripsikan software tersebut, berapa banyak budget yang diperlukan untuk pengembangannya, berapa lama pembuatan, berapa banyak tim yang diperlukan serta siapa pembuat aplikasi tersebut ?

Black Desert Online


Deskripsi
Black Desert Online(BDO) adalah sebuah game dengan genre sandbox-oriented MMORPG yang dikembangkan oleh developer asal Korea yaitu Pearl Abyss. BDO sendiri merupakan MMORPG yang mengusung Open World dengan Combat Action Based yang sangat intens. Mekanisme yang digunakan BDO mengharuskan pemain untuk dapat beradaptasi sebaik mungkin terhadap sebuah pertarungan. Pemain dapat menggunakan berbagai macam skill yang dapat kombinasikan, menghindari serangan lawan, maupun melakukan pertahanan. Tidak hanya pertarungan saja yang ditawarkan di BDO, banyak sekali fitur lain yang bisa dilakukan oleh pemain, contohnya membuat rumah, memasak, memancing, berkebun, dan berdagang.

Pengembangan dan Peluncuran
Pearl Abyss didirikan pada September 2010 oleh Kim Dae Il, dan tidak lama setelahnya mengembangkan Black Desert Online. Pengembangan BDO dilakukan menggunakan  Game-Engine mereka sendiri agar dapat me-render banyak karakter dengan cepat dan mudah. Tidak diketahui berapa jumlah pasti orang yang ikut dalam proyek pengembangan BDO, namun pada suatu wawancara, CEO dari Pearl Abyss mengatakan bahwa 87% pekerja mereka adalah Developer. Penggunaan Game-Engine buatan sendiri dan dikerjakan oleh orang-orang yang hampir semuanya developer, membuat cost yang dikeluarkan untuk pengembangan BDO sangatlah kecil sekali dibandingkan dengan game-game MMORPG pada kelasnya. Pada DEV's conference, CEO dari Pearl Abyss menyebutkan bahwa biaya penegembangan Black Desert Online hanya sekitar $1,000,000.
Setelah menyetujui perjanjian dengan publisher game asal Jepang yaitu GameOn pada 8 September 2012, Pearl Abyss mulai merilis detail gamenya kepada publik. Pada November 2012 Black Desert Online didemonstrasikan pada G-StarVersi Closed-Beta BDO dimulai pada Oktober 2013 dan Open Beta diluncurkan pada December 2014. Secara resmi BDO dirilis untuk server Korea pada 14 July 2015
Pencapaian Pearl Abyss dengan Black Desert Online terbilang luar biasa jika dibanding game MMORPG lainya. Pasalnya saat ini genre MMORPG bisa terbilang sedang terpuruk, namun BDO tetap dimintai banyak sekali pemain game online. Pada September 2018 kemarin BDO mencapai 10 juta pemain yang teregristrasi di seleruh dunia.

Rangkuman
Black Desert Online
Pengembang : Pearl Abyss
Publishers : Kakao Games, GameOn, Pearl Abyss, Red Fox Games
Director : Kim Dae Il
Desainer : Seo Yongsu
Platform : Microsoft Windows, Xbox One, PlayStation 4

Referensi : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ujian Tengah Semester MPPL D : Kerangka Acuan Kerja

Ujian Tengah Semester MPPL D Kerangka Acuan Kerja Sistem Manajemen Teknologi Informasi Inspektorat 1. Buatlah TOR / KAK Proyek. Berikut saya lampirkan dokumen Kerangka Acuan Kerja Ujian tengah semester : Kerangka Acuan Kerja from IvanRiansyah3 2. Tentukan Ruang Lingkup proyek Ruang Linkgkup proyek sudah terdapat dalam KAK 3. Sebutkan proses-proses dalam manajemen proyek sehingga proyek tersebut bisa selesai Proses-proses dalam manajemen proyek adalah : 1. Konsepsi Pada tahap konsepsi ada 2 tahapan yaitu - Insiasi Proyek : tahapan munculnya ide dari penemuan masalah - Kelayakan Proyek : proses investigasi terhadap masalah dan mengembangkan solusi secara detail 2. Perencanaan Tahap perencanaan terdiri dari : a. Penyiapan rencana proyek secara detil, seperti : - Jadwal pekerjaan - Anggaran dan sistem pengendalian biaya - Work breakdown structure - Bagian-bagian yang beresiko tinggi dan rencana untuk mengatasinya - Rencana sumber daya manusia dan pe